CHARACTER BUILDING


Praktikum 1.1.A
CHARACTER BUILDING
A
khir-akhir ini,sering kali kita mendengar bahwa’karakter’ sebagai factor penentu proses seleksi seseorang untuk menduduki sebuah jabatan di organisasi.Bila seseorang telah terpilih untuk menduduki jabatan Chief Financial Officer(CFO) disebabkan karena dia memiliki karakter sehingga kata tersebut berkonotasi positif.Maka wajar saja jika juga kemudian merespon dalam hati;”Apakah saya punya karakter?”atau bahkan “Saya ingin berkarakter,tapi tidak tahu cara mengembangkannya”
Karakter adalah kumpulan kualitas dan reaksi dalam diri individu terhadap peristiwa yang terjadi disekitarnya.Permasalahannya apakah ada ciri khas yang membuat karakter kita lebih menonjol dan berarti ketimbang orang lain.Orang yang dikatakan berkarakter biasanya dikenali sebagai orang yang dikagumi dan direspek,dapat membedakan hal yang lebih baik dan buruk dengan tegas,serta menjadikan lingkungan diamana dia berada menjadi lebih baik.Terdapat 6 pilar karakter yaitu :(1) bias dipercaya, (2) respek, (3) tanggung jawab, (4) bersikap fair, (5) peduli dan (6) menjadi warga Negara yang baik.
Keenam factor tersebut harus diikuti dengan “exercise”,tempaan, cobaan, tantangan tiada henti yang memberi peluang bagi individu untuk memperkuat dan memperkeras kepribadianan.
Beberapa langkah yang yang membantu individu dalam pembentukan karakter:
þ  Tentukan visi hidup untuk menggambarkan pribadi Anda sendiri.Misal: ingin menjadi seorang yang “low profile” , rendah hati dan halus? Ataukah menjadi seorang  yang agresif, senang tantangan dengan “exposure” yang tinggi.
þ  Konsitensi atas perilaku,perasaan,dan reaksi dan relevan satu dengan lainnya atas moment yang terjadi dalam hidup kita.
þ  Kembangkan dan perkuat kompetensi kerja kita baik pengetahuan,ketrampilan, sikap professional dan prinsip melalui pengalaman orang lain,pertemuan profesi,buku,jurnal dan penelitian.
þ  Meningkatkan kepekaan atas kejadian dengan reaksi yang terkontrol sehingga membentuk reaksi yang relevan.
“CHARACTER”  building competence: ‘Can do’ answer;’ Handson’ execution; Accountable, Result Driven;Asertive Communication;Change Leader & Agent;The Customer’s Business Partner;
Empowering Coach and Relationship Builder.

Komentar

Postingan Populer