CHARACTER BUILDING
Praktikum 1.1.A
CHARACTER
BUILDING
A
|
khir-akhir ini,sering
kali kita mendengar bahwa’karakter’
sebagai factor penentu proses seleksi seseorang untuk menduduki sebuah jabatan
di organisasi.Bila seseorang telah terpilih untuk menduduki jabatan Chief Financial Officer(CFO) disebabkan karena dia memiliki
karakter sehingga kata tersebut berkonotasi positif.Maka wajar saja jika juga
kemudian merespon dalam hati;”Apakah saya punya karakter?”atau bahkan “Saya
ingin berkarakter,tapi tidak tahu cara mengembangkannya”
Karakter
adalah kumpulan kualitas dan reaksi dalam diri individu terhadap peristiwa yang
terjadi disekitarnya.Permasalahannya apakah ada ciri khas yang membuat karakter
kita lebih menonjol dan berarti ketimbang orang lain.Orang yang dikatakan berkarakter
biasanya dikenali sebagai orang yang dikagumi dan direspek,dapat membedakan hal
yang lebih baik dan buruk dengan tegas,serta menjadikan lingkungan diamana dia
berada menjadi lebih baik.Terdapat 6 pilar karakter yaitu :(1) bias dipercaya,
(2) respek, (3) tanggung jawab, (4) bersikap fair, (5) peduli dan (6) menjadi
warga Negara yang baik.
Keenam
factor tersebut harus diikuti dengan “exercise”,tempaan,
cobaan, tantangan tiada henti yang memberi peluang bagi individu untuk
memperkuat dan memperkeras kepribadianan.
þ Tentukan
visi hidup untuk menggambarkan pribadi Anda sendiri.Misal: ingin menjadi
seorang yang “low profile” , rendah hati dan halus? Ataukah menjadi
seorang yang agresif, senang tantangan
dengan “exposure” yang tinggi.
þ Konsitensi
atas perilaku,perasaan,dan reaksi dan relevan satu dengan lainnya atas moment
yang terjadi dalam hidup kita.
þ Kembangkan
dan perkuat kompetensi kerja kita baik pengetahuan,ketrampilan, sikap professional
dan prinsip melalui pengalaman orang lain,pertemuan profesi,buku,jurnal dan
penelitian.
þ Meningkatkan
kepekaan atas kejadian dengan reaksi yang terkontrol sehingga membentuk reaksi
yang relevan.
“CHARACTER”
building
competence: ‘Can do’ answer;’ Handson’ execution; Accountable, Result Driven;Asertive
Communication;Change Leader &
Agent;The Customer’s Business
Partner;
Empowering
Coach and Relationship Builder.
Komentar
Posting Komentar